TAHU vs. TIDAK TAHU

Jika dikelompokkan berdasarkan pengenalan akan dirinya sendiri, manusia dapat digolongkan menjadi empat tipe:

Tipe pertama adalah MEREKA YANG TAHU BAHWA MEREKA TAHU. Mereka adalah orang-orang yang PINTAR yang sadar betul akan kemampuan dirinya sendiri. Tidak mudah berdebat dengan orang-orang tipe ini, karena mereka sadar betul siapa dirinya, didukung dengan pengetahuan mereka yang luas.

Tipe kedua adalah MEREKA YANG TAHU BAHWA MEREKA TIDAK TAHU. Mereka ini adalah tipe orang yang RENDAH HATI. Mereka sadar betul akan kekurangannya dan mereka mengakuinya. Jika orang pada tipe kedua ini mau berusaha keras mengantisipasi ketidaktahuan mereka, di kemudian hari tentunya mereka akan meraih kesuksesan.

Tipe ketiga adalah MEREKA YANG TIDAK TAHU BAHWA MEREKA TAHU. Orang-orang pada tipe ketiga ini adalah orang-orang yang POTENSIAL. Sebenarnya mereka mampu, tetapi mereka tidak menyadari kemampuannya tersebut. Jika kemampuannya tersebut diasah dengan baik, mereka akan memiliki keunggulan yang kompetitif. Saya memiliki seorang teman dekat dan seringkali saya iri dengan kemampuan yang dimilikinya. Tetapi sayangnya, dia seringkali malah minder dengan dirinya sendiri. Beberapa kali saya berusaha memotivasi dia. Dan sebagai hasilnya, dia yang tadinya merasa tidak mampu, akhirnya dapat juga menyelesaikan segala sesuatunya dengan baik; karena sebenarnya dia mampu, hanya saja dia tidak sadar akan kemampuan dirinya sendiri.

Tipe keempat . . . nah ini dia tipe yang picabokeun: MEREKA YANG TIDAK TAHU BAHWA MEREKA TIDAK TAHU. Mereka ini adalah tipe orang yang SOK TAHU dan cenderung KERAS KEPALA UNTUK MEMPERTAHANKAN SESUATU HAL YANG SALAH. Mereka tidak tahu bahwa mereka tidak tahu. Yang mereka tahu adalah mereka tahu, padahal hal tersebut salah. Ternyata, banyak juga loh orang-orang dengan tipe seperti ini. **sebenarnya inilah latar belakang saya menulis artikel ini HaHaHa** Menurut saya pribadi, hal tersebut terjadi karena dua alasan: [1] Mereka benar-benar tidak tahu bahwa mereka tidak tahu, dan [2] Walaupun mereka tahu bahwa mereka tidak tahu juga tetapi mereka gengsi mengemukakan ketidaktahuannya tersebut.

Dan yang jadi pertanyaan adalah: ANDA TERMASUK TIPE YANG MANA?!

======================================

PERHATIAN!!! Boleh copy-paste, tetapi mohon cantumkan sumber dengan linkback ke http://www.b0chun.com/. Terima kasih!!!

======================================

Leave a Reply

See also: