Kisah Uang Rp 2.000,- dan Rp 100.000,-

Saya mendapatkan cerita ini berkali-kali dari broadcast BBM. Walaupun kisahnya sederhana, namun maknanya cukup dalam untuk direnungkan. Happy reading!!!

Uang Rp 2.000 dan Rp. 100.000 sama-sama terbuat dari kertas, sama-sama dicetak dan diedarkan oleh Bank Indonesia. Pada saat bersamaan mereka keluar dan berpisah dari Bank dan beredar di masyarakat.

Empat bulan kemudian mereka bertemu lagi secara tidak sengaja di dalam dompet seorang pemuda. Kemudian diantara kedua uang tersebut terjadilah percakapan.

Uang Rp. 100.000 bertanya kepada uang Rp. 2.000:

“Mengapa badanmu begitu lusuh, kotor, dan bau amis?”

Uang Rp 2.000 pun menjawab:

“Karena begitu keluar dari Bank, aku langsung sampai di tangan orang-orang bawahan, mulai dari tukang becak, tukang sayur, penjual ikan, dan di tangan pengemis.”

Lalu Rp. 2.000 bertanya balik pada Rp. 100.000:

“Mengapa kamu kelihatan begitu baru, rapih, dan masih bersih?”

Uang Rp 100.000 pun menjawab:

“Karena begitu keluar dari Bank, aku langsung disambut baik oleh perempuan cantik dan beredarnya pun di restaurant mahal, di mall, dan juga di hotel-hotel berbintang, serta keberadaanku selalu dijaga dan jarang keluar dari dompet.”

Lalu Rp. 2.000 bertanya lagi:

“Pernahkah engkau mampir di tempat ibadah ?”

Dijawabnya:

“Belum pernah.”

Rp. 2.000 pun berkata:

“Ketahuilah, walaupun keadaanku seperti ini adanya, setiap Jumat/Minggu aku selalu mampir di Mesjid, Vihara/Gereja, serta di tangan fakir miskin dan anak-anak yatim piatu. Bahkan aku selalu bersyukur kepada Tuhan, aku tidak dipandang manusia bukan sebuah nilai, tetapi yang dipandang adalah sebuah manfaat”

Akhirnya menangislah uang Rp. 100.000 karena merasa besar, hebat, dan tinggi, tetapi tidak begitu bermanfaat selama ini.

Coins always make sound but paper moneys are always silent. So when your value increases, keep yourself silent and humble.

Silence is golden. Gold is rising in value. Therefore, you are more valuable if you shut up.

^_^V

======================================

PERHATIAN!!! Boleh copy-paste, tetapi mohon cantumkan sumber dengan linkback ke http://www.b0chun.com/. Terima kasih!!!

======================================

Leave a Reply

See also: