Rabu, 12 Desember 2012

Masih ingatkah kita ketika:
[1] Kita menyaksikan film “2012” di bioskop?
[2] Banyak orang yang meramalkan kiamat 2012 dan membahas tentang kalender suku Maya yang berakhir pada tanggal 21-12-2012?

Faktanya, hal tersebut sudah terjadi lebih dari tiga tahun yang lalu.

Di manakah kita waktu itu?

Apa yang kita harapkan untuk masa depan kita tiga tahun atau lebih dari waktu itu, yang adalah saat sekarang ini?

Renungkanlah sejenak:

Di manakah kita ketika itu? Seperti apakah kita saat itu? Siapa sajakah teman kita saat itu? Apa sajakah pengharapan dan impian kita saat itu?

Seandainya seseorang bertanya, “Di manakah Anda nantinya tiga atau lima tahun lagi, atau sepuluh tahun lagi?”, apakah yang akan kita jawab? Apakah kita sekarang ini sudah berada di tempat yang kita cita­-citakan saat itu? Lima atau sepuluh tahun bisa berlalu dengan cepat, bukan?!

Yang lebih penting, mungkin seharusnya kita bertanya kepada diri sendiri, “Bagaimanakah aku akan menjalani sepuluh tahun berikutnya dari kehidupanku? Bagaimanakah aku akan hidup hari ini, untuk menciptakan hari esok yang menjadi komitmenku? Apakah yang akan kulakukan mulai dari sekarang? Apakah yang penting bagiku sekarang ini, dan apakah yang akan penting bagiku dalam jangka panjang? Tindakan apa sajakah yang bisa kuambil hari ini, yang akan membentuk takdirku yang paling hakiki?”

Sepuluh tahun lagi akan tiba waktunya. Pertanyaannya adalah: Di mana? Akan menjadi siapakah kita nanti? Bagaimanakah kita akan hidup nanti? Apakah yang kita kontribusikan nanti?

Sekaranglah saatnya untuk merancang sepuluh tahun berikutnya dari kehidupan kita, bukan setelah semuanya itu berlalu. Kita harus memanfaatkan momen yang ada.

Milenium baru telah kita lewati dan tanpa terasa hari ini sudah tanggal 12-12-12 (hampir 13 tahun berlalu dan rasanya seperti baru kemarin saja), sebentar lagi tanggal 20-12-2012, lalu Natal tanggal 25-12-2012, dan kita semua akan memasuki tahun baru 2013.

Itu juga yang akan terjadi sepuluh tahun lagi, kita akan menengok ke belakang dan mengingat hari ini, seolah­-olah baru kemarin saja terjadi. Pertanyaannya, akankah kita senang atau terganggu ketika menengok ke belakang nantinya?

Apa yang telah kita lakukan di tahun 2012?! Apakah semuanya itu berguna dan mendatangkan kebaikan?! Jangan lupa tuliskan juga target apa yang ingin kita capai di tahun 2013.

Semoga tulisan di atas dapat menjadi bahan renungan yang bermanfaat untuk menutup tahun 2012 dan menyambut datangnya tahun baru 2013.

======================================

PERHATIAN!!! Boleh copy-paste, tetapi mohon cantumkan sumber dengan linkback ke http://www.b0chun.com/. Terima kasih!!!

======================================

Leave a Reply

See also: