Apa itu meng-AMIN-kan tabel?!

Pada postingan kali ini, saya hanya ingin memberikan contoh pembahasan tabel yang salah, berikut bagaimana cara pembahasan tabel yang seharusnya. Langsung saja perhatikan contoh berikut:

Tabel Persepsi Konsumen Mengenai Tingkat Rasa Enak Bintang Zero

tabel

Pembahasan yang SALAH:

Dari data di atas kita dapat melihat bahwa konsumen yang berpendapat bahwa rasa Bintang Zero sangat hambar ada 105 orang (31,34%), **AMIN** yang menjawab hambar ada 121 orang (36,12%), **AMINN** yang menjawab netral/biasa saja ada 57 orang (17,01%), **AMINNN** yang menjawab enak ada 37 orang (11,04%), **AMINNNN** dan yang menjawab sangat enak ada 15 orang (4,48%). **AMINNNNN** Sedangkan untuk rata-rantanya adalah 2,21. **AMINNNNNN**

Intinya, saya mau bilang gini: “Kalo di tabel uda dibahas hal yang sama, ngapain diulang lagi?! Toh pembaca juga lebih mudah melihat tabel kan?! Lagian juga penjelasan yang ada malah membingungkan dan terkesan buang-buang waktu si pembaca.”

Seharusnya beginilah pembahasan tabel yang BENAR:

Berdasarkan tabel di atas, dapat terlihat bahwa sebagian besar responden berpersepsi negatif mengenai tingkat rasa enak Bintang Zero dibandingkan dengan responden yang mempunyai persepsi positif. Hal ini karena rasa Bintang Zero itu cenderung tidak karuan, tidak mengandung rasa pahit, dan kurang manis. Rasa seperti ini tidak disukai oleh konsumen. Mereka lebih suka Bintang Zero yang memiliki rasa seperti bir. Para responden juga mengatakan bahwa rasa Green Sand jauh lebih enak daripada Bintang Zero. Karena mayoritas responden masih memiliki persepsi bahwa Bintang Zero adalah Bir Tanpa Alkohol, maka mayoritas responden tersebut menyatakan bahwa dalam sebuah bir, seharusnya terdapat rasa pahit dan (atau) manis. Rasa ini tidak terdapat dalam Bintang Zero sehingga menyebabkan terbentuk persepsi konsumen yang negatif.

Sekali lagi, di sini yang saya lampirkan hanyalah sebuah contoh. Mungkin untuk pembahasannya masih jauh dari sempurna, tetapi begitulah kira-kira seharusnya. Semoga bermanfaat.

======================================

PERHATIAN!!! Boleh copy-paste, tetapi mohon cantumkan sumber dengan linkback ke http://www.b0chun.com/. Terima kasih!!!

======================================

2 Responses to “Apa itu meng-AMIN-kan tabel?!”

  1. hp printer online store India

    Apa itu meng-AMIN-kan tabel?! – GODISNOWHERE™

  2. john lewis store finder

    Apa itu meng-AMIN-kan tabel?! – GODISNOWHERE™

Leave a Reply

See also: